Kenali dan Ketahui Berbagai Hal Tentang Kardus Box

BY IN Karton Box NO COMMENTS YET

Kalau Anda akan mengemas barang yang akan dikirim agar lebih rapi, kardus box atau karton(di Indonesia umumnya disebut kardus) yang sudah dibentuk menjadi box pasti sangat dibutuhkan. Kardus box ini memiliki jenis dan ukuran yang sangat bervariasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya. Karena itulah mengenali jenis, ukuran dan segala hal yang berkaitan dengan kardus box ini akan membantu Anda saat membutuhkan.

Karton/kardus

Karton/Kardus

Bahan pembuat dasar kardus akan mempengaruhi kualitas box. Ada tipe kardus yang mudah rusak saat jatuh atau tertimpa benda lain, ada pula kardus yang bisa bertahan meskipun tertindih atau ditimpa benda lain. Jadi, sebelum menggunakannya, Anda harus tahu penggunaannya sehingga bisa memilih bahan kardus box yang tepat.

Fungsi Kardus Box

Anda mungkin sering menemukan kardus bekas di sekitar Anda. Meskipun disebut kardus bekas karena memang sudah dipakai untuk mengemas sebelumnya, namun kardus ini tetap memiliki fungsi yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Seperti beberapa fungsi berikut ini.

  1. Untuk Mengemas Barang
Kardus Box untuk mengemas barang

Kardus Box untuk mengemas barang

Fungsi utama dari kardus box adalah sebagai tempat pengemasan barang. Adanya kardus atau box ini akan semakin memudahkan dalam pengemasan berbagai jenis barang, terutama yang akan dikirimkan. Ini karena bentuk dan ukuran kardus yang beragam memungkinkan Anda memilih sesuai bentuk dan ukuran barangnya.

  1. Sebagai Tempat Penyimpanan Ramah Lingkungan
Kardus Box sebagai tempat penyimpanan barang

Kardus Box sebagai tempat penyimpanan barang

Selanjutnya, kardus box juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang praktis dan ramah lingkungan. Meskipun ada beragam jenis bahan lain yang bisa dijadikan untuk tempat penyimpanan, namun tidak ada yang memiliki sifat praktis dan ramah lingkungan sekaligus.

Tidak seperti plastik yang tidak ramah lingkungan karena membutuhkan waktu lama untuk proses penguraiannya, kardus justru lebih ramah lingkungan. Ketika kardus sudah rusak atau tidak bisa digunakan lagi, kardus bisa diolah lagi karena sejatinya kardus ini terbuat dari bahan dasar bubur tumbuhan.

  1. Sebagai Bahan Membuat Karya Seni

Selain itu fungsi dari kardus box ini adalah sebagai bahan untuk membuat berbagai hasil karya seni. Tidak hanya untuk mengemas, beberapa jenis kardus bahkan bisa dibuat untuk membuat karya seni yang tidak hanya cantik namun juga memiliki fungsi lebih.

Contoh sederhana hasil karya seni yang dibuat dari bahan kardus misalnya bingkai foto, scraft book, dan berbagai jenis karya lain. Bahkan untuk jenis kardus yang terbuat dari bahan tebal juga mulai dimanfaatkan sebagai bahan membuat furniture yang fungsional.

  1. Membantu memindahkan barang
Memindahkan barang dengan kardus

Memindahkan barang dengan kardus

Terakhir karena sifatnya yang kuat dan kokoh Kardus box juga sering digunakan sebagai tempat untuk memindahkan barang ke lokasi baru.

Bentuk dan Jenis-Jenis Kardus Box

Sudah sedikit disinggung sebelumnya bahwasannya kardus box memiliki jenis dan bentuk yang sangat bervariasi. Variasi bentuk dan jenis kardus atau box ini memungkinkan Anda untuk menggunakannya sesuai kebutuhan.

Macam-macam jenis dan bentuk kardus box ini juga sejatinya dibuat menyesuaikan kebutuhan penggunaannya. Karena itu, Anda tak perlu heran jika ada kardus yang berukuran sangat kecil untuk mengemas benda-benda yang juga berukuran kecil. Begitu pula ada kardus yang berukuran sangat besar untuk mengemas benda-benda yang berukuran besar. Berikut ini adalah beberapa jenis dan bentuk kardus yang harus Anda ketahui.

  1. Standard Kardus Box
Standard Kardus Box

Standard Kardus Box

Jenis dan bentuk kardus box yang paling umum ditemukan adalah standard box. Jenis box ini juga dikenal dengan nama kardus 4 flap. Dari segi bentuk, kardus ini adalah yang bentuknya paling umum, dengan dimensi panjang, lebar dan tinggi.

Ciri khas jenis kardus box ini adalah tutup bagian atas dan bawahnya yang akan saling bertemu saat dilipat. Ukuran paling umum dari kardus ini adalah 24 x 18 x 18 inchi. Kardus dengan jenis dan bentuk ini umumnya digunakan untuk tempat pengemasan barang-barang dagangan, seperti minuman kemasan, snacks dan lain sebagainya.

  1. Kardus Box Overlap

Bentuk kardus box ini serupa dengan kardus standard. Perbedaannya ada pada tutup bagian atas dan bawah yang dibuat tumpang tindih saat dilipat. Sedangkan ukurannya disediakan beragam sesuai kebutuhan. Jenis kardus ini umumnya digunakan untuk pengemasan produk atau barang-barang garment atau barang plastik.

  1. Kardus Box Telescope

Sedikit berbeda dengan jenis-jenis kardus box sebelumnya yang dibuat dalam satu kesatuan, kardus telescope ini dibuat menjadi 2 bagian, yaitu bagian atas dan bawah. Karena itulah jenis kardus ini juga dikenal dengan nama kardus top-bottom.

Jenis kardus ini juga terbentuk dengan dimensi panjang, lebar dan tinggi. Menariknya, bagian atas dari kardus ini jika disatukan dengan bagian bawahnya akan saling melengkapi dan sehingga bisa menutup dengan rapat. Jenis kardus ini umumnya digunakan untuk pengemasan suku cadang, makanan atau kain.

  1. Kardus Box Full Overlap

Jenis kardus box ini bentuk dasarnya hampir sama dengan kardus standard atau kardus overlap. Bedanya kardus full overlap ini saat ditutup ujung flapnya akan menutup sampai ujung kardus saat ditutup. Kardus ini kebanyakan digunakan untuk mengemas produk-produk makanan, produk-produk plastik dan lain sebagainya.

  1. Kardus Box Die-Cut

Berikutnya ada jenis kardus Die-Cut. Jenis kardus ini pada dasarnya memiliki bentuk mirip dengan kardus strandard. Bedanya, pada kardus Die-Cut ini terdapat lubang pegangan atau lubang ventilasi di kedua sisinya. Fungsinya umumnya adalah untuk pegangan.

Jenis kardus ini sering ditemukan di kantor-kantor karena dimanfaatkan sebagai kotak atau penyimpanan arsip. Selain untuk penyimpanan arsip, jenis kardus Die-cut yang terbuat dari bahan lebih tebal juga digunakan untuk tempat pengemasan produk makanan dan minuman.

  1. Corrugated Cardboard Box

Jenis kardus box selanjutnya adalah corrugated Cardboard box. Kardus ini dibuat dengan kombinasi teknik die cut, karton box dan printing offset dengan teknik laminasi. Yang artinya jenis kardus ini menggabungkan antara offset dan kardus.

Jenis kardus ini dibuat sebagai kotak pengemasan sekaligus alat promosi karena dibuat dengan model yang sangat menarik. Untuk membuatnya lebih menarik bahkan dalam pembuatannya dilakukan pelapisan dengan 3 jenis pelapisan, yaitu laminating UV, laminating plastik dan laminating doff.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya masih banyak model box yang ada di dunia dan kita juga bisa membuat model box custom sesuai dengan imajinasi.

 Kertas Bahan Pembuat Kardus Box

Karton All Flutes

All Flutes, Image under @Creative Common 3.0 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/

Agar bisa memenuhi fungsi dan kegunaannya, kardus box dibuat dengan spesifikasi dan bahan kertas yang berbeda-beda. Setiap jenis kertas yang digunakan untuk membuat kardus ini memiliki berat yang berbeda dan terbuat dari bahan yang berbeda pula. Berikut ini adalah beberapa jenis kertas bahan pembuat kardus.

  1. Kraft Liner (Kertas Kraft)

Jenis kertas yang paling umum digunakan sebagai bahan pembuat kardus box adalah kraft liner atau yang lebih umum dikenal sebagai kertas kraft. Kertas ini umumnya digunakan untuk membuat bagian luar dan bagian dalam kardus.

Kertas Kraft ini sifatnya lebih kuat dibandingkan kertas medium. Karena sifatnya yang kuat inilah, kertas ini memiliki fungsi sebagai penahan daya jebol (bursting strength) pada kardus. Kertas Kraft ini sendiri dibuat dari bahan dasar kayu pinus dengan serat yang memanjang. Saat pengolahannya menjadi bubur kertas, komposisi yang digunakan adalah 60% bagian adalah pulp, 40% bagian adalah bahan daur ulang kertas serta ditambah bahan-bahan kimia lain.

  1. Kertas Corrugated Medium

Jenis kertas ini disebut juga dengan fluting medium. Penggunaannya biasanya untuk melapisi bagian dalam kardus. Terkadang, jenis kertas ini juga digunakan sebagai lapisan dalam kardus atau sebagai penyekat corrugated sheet. Fungsi dari kertas ini adalah untuk menahan guncangan, tekanan maupun getaran. Selain itu, penggunaan kertas ini juga akan memberikan daya tumpuk yang lebih kuat.

  1. White Kraft

Bahan kertas ini adalah jenis kertas kraft yang umumnya digunakan untuk membuat bagian luar maupun bagian dalam kardus box. Diantara dua jenis kertas kraft yang ada, yang membedakan hanyalah warnanya saja. Untuk kertas white kraft ini berwarna putih, dengan gramatur yang biasanya tersedia adalah 140, 200 hingga 250 gram.

  1. Brown Kraft

Kertas bahan kardus box Berikutnya adalah jenis kertas kraft bernama brown kraft. Seperti namanya, jenis kertas kraft ini berwarna coklat, dengan gramatur yang tersedia antara lain mulai dari 125, 150, 200, 300, 275 hingga 440 gram.

Jenis bahan ini sering dijumpai pada lapisan bagian luar maupun dalam pada karton corrugated. Kelebihan kertas ini adalah dapat melindungi bagian dalam dari kardus. Selain itu juga karena permukaannya yang halus membuatnya memiliki nilai lebih dibandingkan bahan kertas yang lain.

Tipe-Tipe Kardus Box Berdasarkan Ketebalan Kertas

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kardus box pada umumnya dibuat dari bahan kertas kraft. Secara garis besar, kertas kraft yang digunakan untuk membuat kardus tidak hanya terdiri dari 2 jenis seperti yang dijelaskan sebelumnya. Jika melihat dari ketebalan kertas kraft yang membentuk kardus, ada 3 tipe kardus yang harus Anda ketahui.

  1. Single Wall
Kardus box single wall

Kardus box single wall

Tipe kardus box yang terbuat dari bahan ini memiliki 3 lapisan, yaitu lapisan atas, lapisan tengah yang berbentuk bergelombang dan lapisan bawah. Bahan tipe ini memiliki ketebalan antara 1-5 mm. Karena ketebalannya yang masih terbilang tipis, tidak banyak jenis benda yang bisa ditampung pada kardus yang terbuat dari bahan ini.

Barang yang biasanya dikemas dengan kardus yang terbuat dari bahan bertipe single wall ini misalnya produk makanan, minuman, barang elektronik atau kadang juga hanya digunakan sebagai bagian pelapis dari pembatas. Kalaupun kardus ini digunakan untuk pengiriman, umumnya hanya digunakan untuk pengiriman lokal saja.

  1. Double Wall
Kardus Box Double Wall

Kardus Box Double Wall

Bahan kardus box selanjutnya adalah bahan bertipe double wall yang terdiri dari 5 bagian kertas (5 ply). Bahan ini terdiri dari 7 lapisan kertas, yaitu bagian datarnya terdiri dari 4 lapisan, kemudian diantara bagian datar tersebut terdapat bagian bergelombang di tengah. Salah satu diantara lapisan bergelombang itu ketebalannya lebih tebal dibandingkan lapisan lainnya.

Karena lapisannya lebih banyak, maka ketebalan bahan kertas ini juga berbeda, yaitu setebal 6-8mm. Pemakaiannya juga tak jauh berbeda dengan penggunaan bahan single wall, yaitu untuk pengemasan barang-barang berupa makanan, minuman, barang elektronik. Kalau digunakan untuk pengiriman, selain pengiriman lokal, kardus yang menggunakan bahan bertipe ini juga digunakan untuk pengiriman luar negeri.

  1. Triple Wall
Kardus Box Triple Wall

Kardus Box Triple Wall

Tipe bahan kertas selanjutnya adalah triple wall atau 7 ply. Tipe bahan kertas ini terdiri dari 10 lapisan kertas, yang juga terdiri atas bagian datar dan bagian lapisan bergelombang. Ketebalannya juga lebih tebal, yaitu 10mm-15mm.

Diantara tipe bahan kertas lainnya, tipe kertas ini adalah yang paling tebal dan paling kuat. Kardus box yang menggunakan tipe kertas ini digunakan untuk pengemasan barang-barang yang akan dikirim ke luar negeri atau barang yang dikirimkan jarak jauh. Tujuannya adalah agar barang-barang yang dikemas di dalamnya lebih aman.

4.Istilah-Istilah yang Digunakan pada Kardus Box

Istilah kardus box

Istilah kardus box

Dari penjelasan tentang bahan pembuat, tipe kertas dan jenis kardus box sebelumnya, Anda mungkin masih asing dengan beberapa istilah yang digunakan. Istilah-istilah tersebut digunakan untuk menyebut masing-masing bagian dari kardus. Untuk itu, agar lebih jelas, berikut adalah beberapa istilah yang berkaitan dengan kardus atau box yang harus Anda ketahui.

  1. Flap

Saat Anda melihat atau menggunakan kardus box, Anda mungkin tidak tahu istilah untuk menyebut masing-masing bagian dari kardus. Termasuk flap ini, yang pasti familiar tapi Anda tidak tahu namanya.

Flap adalah bagian penutup kardus, yang sebelumnya disebutkan pada jenis kardus overlap, full overlap maupun kardus standard. Kardus yang bagus adalah kardus yang ketika digunakan atau dibentuk, bagian flapnya, terutama bagian luar, akan menutup sepenuhnya bagian atas kardus tanpa adanya celah yang membuka.

  1. Slotter (Slot)

Slot ini juga merupakan bagian dari kardus box, yaitu bagian garis yang memotong sekaligus memisahkan antara flap atau tutup kardus. Meskipun bagian ini tidak terlalu signifikan, namun tanpa adanya slot ini, kardus tidak akan bisa ditutup karena antar flap tidak terdapat lubang perpotongan.

  1. Creasing

Kalau Anda melihat pada setiap kardus atau box apapun jenisnya, Anda akan menemukan garis-garis lipatan yang membentang di sisi-sisi kardus. Istilah creasing ini diambil dari Bahasa Inggris ‘crease’ yang memiliki arti lipatan atau melipat.

Dalam konteks kardus ini yang dimaksud dengan creasing adalah bagian di dalam kardus yang berbentuk cekungan lurus dan merupakan bakal lipatan. Dengan adanya creasing ini akan membantu memudahkan saat proses melipat.

Setiap creasing ini memiliki kedalaman yang berbeda-beda pada setiap kardus box. Kedalaman lipatan yang umumnya ditemukan adalah setengah dari ketebalan sheet kardus. Ada pula creasing yang dibuat dengan kedalaman seperempat (1/4) dari ketebalan kardus, bahkan tiga perempat (3/4) dari ketebalan kardus.

Creasing ini juga terbagi lagi menjadi 3 tipe creasing yang sering ditemukan pada kardus. Tipe creasing pertama adalah point flat, tipe creasing kedua adalah point to point dan tipe creasing yang terakhir adalah three point. Tipe creasing yang digunakan pada setiap kardus atau box berbeda-beda tergantung model cetakan kardusnya dan jumlah dinding kardus, apakah termasuk single wall atau kardus dengan double wall.

  1. Substance

Istilah substance ini sering disalahartikan. Kebanyakan orang salah paham tentang substance para kardus atau box ini karena belum bisa membedakan antara substance dan gramatur. Padahal keduanya adalah dua hal yang berbeda.

Jika melihat dari makna bahasa, substance bisa diartikan sebagai material atau bahan. Nah, dalam konteks kardus atau box, substance berkaitan dengan spesifikasi kardus box, substance mengacu pada bahan pembuat kardus itu sendiri, yang meliputi jenis kertas yang digunakan beserta gramaturnya.

Dalam penggunaan istilah ini digunakan untuk menyatakan informasi spesifikasi kardus. Penulisannya pun sudah diatur dan memiliki standar, yaitu ditulis dengan singkatan jenis kertas yang digunakan, diikuti dengan gramatur, yang dimulai dari lapisan bagian luar, tengah dan lapisan bagian dalam, yang dipisahkan dengan tanda garis miring (/).

Contoh penulisannya misalnya, K150/M125/K125. Dari informasi spesifikasi ini dapat diuraikan bahwa kardus yang dimaksud terdiri dari lapisan luar kertas Kraft 150 gsm, lapisan tengah adalah kertas medium 125gsm dan lapisan dalam adalah kertas Kraft 125gsm.

Sementara gramatur sendiri adalah istilah yang lazim digunakan pada industri kertas yang menunjukkan jumlah gram tiap meter persegi. Jadi, ketika satu meter persegi kertas, setelah ditimbang beratnya adalah 150gram, maka gramatur kertas tersebut adalah 150gsm. Gsm ini sendiri merupakan singkatan dari gram per square meter.

5.Keunggulan Penggunaan Kardus Box
Keunggulan Kardus Box

Keunggulan Kardus Box

Sekarang Anda sudah tahu hal-hal dasar berkaitan dengan kardus box, mulai dari bahan pembuatnya, jenis dan tipe kertas pembuat kardus. Dari penjelasan berkaitan tentang spesifikasi kardus tersebut, kini terjawab bagaimana memilih kardus sesuai kebutuhan. Menyesuaikan kebutuhan penggunaan kardus serta spesifikasi kertas bahan pembuat kardus akan membantu Anda mendapatkan jenis kardus yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Setelah mengetahui hal-hal tersebut, berikutnya Anda harus tahu mengapa kardus ini banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebelumnya sudah dijelaskan fungsi apa saja yang bisa Anda manfaatkan dari kardus ini. Fungsi utamanya adalah untuk mengemas barang-barang agar lebih aman saat dikirimkan.

Penggunaan kardus ini dipilih karena kardus memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh alat pembungkus lainnya. Berikut ini adalah beberapa keunggulan jika mengemas menggunakan kardus.

  1. Lebih Efisien dan Praktis
Effisiensi Kardus Box

Effisiensi Kardus Box

Kardus box dipilih sebagai pengemas dipilih karena kardus terbukti lebih efisien untuk mengemas berbagai jenis barang. Barang yang dikemas dengan menggunakan kardus akan dijamin lebih aman dan terhindar dari kerusakan. Apalagi jika yang dibungkus atau dikemas adalah makanan.

Penggunaan kardus untuk mengemas makanan akan melindungi makanan dari kotoran ataupun bakteri dari luar yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan saat dimakan. Makanan yang dikemas dengan kardus juga terjamin lebih aman dan tidak akan mengalami kerusakan akibat suhu atau faktor lingkungan lainnya. Pengemasan dengan kardus juga akan membuat lebih praktis saat membawanya.

  1. Lebih Memudahkan
Lebih mudah

Lebih mudah

Tak bisa dipungkiri jika pengemasan apapun jika menggunakan kardus akan lebih memudahkan. Apalagi saat ini, ketika jenis dan bentuk kardus terus dikembangkan dengan berbagai inovasi diterapkan. Kardus cenderung lebih mudah saat dibawa, apalagi untuk jenis kardus yang memang dibuat degan pegangan di sisi-sisinya. Belum lagi bentuk kardus ini membuatnya jadi bisa diletakkan dengan rapi sehingga tidak akan memakan tempat atau membuat tempat jadi terkesan tidak rapi.

Kemudahan ini bisa Anda rasakan terutama jika kardus yang digunakan adalah kardus untuk mengemas makanan. Dengan mengemas menggunakan kardus, makanan jadi lebih mudah dibawa serta tidak mudah rusak.

Hal serupa juga berlaku untuk pengemasan barang atau benda lainnya. Jika benda yang dikemas dengan kardus berukuran kecil, maka akan memudahkan untuk membawanya sehingga benda tersebut tidak mudah hilang. Begitu pula jika benda yang dikemas dengan kardus berukuran besar atau berjumlah banyak. Adanya kardus akan membuat barang-barang yang berjumlah banyak tidak tercecer sehingga saat mengangkat atau mengangkutnya pun jadi lebih mudah.

  1. Bisa Menjadi Media Promosi

Corrugated cardboard box

Sudah bukan rahasia lagi, jika kardus digunakan sebagai aspek pendukung dalam sebuah bisnis, yaitu untuk mengemas produk yang dijual. Bagi pengusaha atau pemilik bisnis, keunggulan penggunaan kardus sebagai kemasan untuk mengemas produk tidak hanya untuk memudahkan pengemasan dan pengantaran saja, tetapi juga desain printing kemasan yang dapat diingat orang dan untuk meraih jangkauan lebih banyak orang, sehingga ada beberapa calon pelanggan baru yang akan tertarik dengan produk/brand anda.

Kardus box yang terbuat dari kertas tentu saja lebih mudah untuk dikreasikan. Dalam hal ini, kardus bisa ditambahkan dengan gambar atau tulisan yang menarik di permukaannya. Dengan cara ini, keunggulan lain yang bisa didapatkan adalah hal tersebut bisa menjadi metode promosi yang cukup efektif.

Oleh karena itu, jangan heran jika beberapa waktu belakangan ini, kardus kemasan yang digunakan oleh pedagang, perusahaan, atau berbagai jenis usaha lain dibuat dengan semenarik dan seunik mungkin. Tampilan kardus yang menjadi lebih menarik dan unik inilah yang nantinya bisa menarik orang-orang untuk penasaran dengan produk yang Anda tawarkan.

  1. Model Kardus Box Bisa Dibentuk
Macam bentuk kardus box

Masih soal keunggulan penggunaan kardus, terutama dalam bidang bisnis adalah sebagai daya tarik untuk menarik lebih banyak konsumen. Hal tersebut karena dengan menggunakan kardus, kemasan bisa dibuat lebih menarik karena sifat kardus yang  mudah dibentuk menjadi beragam bentuk lain selain bentuk yang sudah umum dijumpai selama ini.

  1. Kualitasnya Bervariasi

Variasi Kualitas

Keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan kardus box sebagai media pengemasan adalah Anda bisa memilih kualitas kardus sesuai yang Anda butuhkan. Ada kardus dengan kualitas atau spesifikasi rendah jika digunakan untuk mengemas barang-barang tertentu yang tidak berat atau tidak membutuhkan pengiriman jarak jauh.

Begitu pula sebaliknya, ada jenis kardus dengan kualitas dan spesifikasi tinggi, yaitu kardus dengan bahan tebal, permukaannya diberi lapisan khusus atau ukurannya yang lebih besar. Dengan begitu, barang-barang yang dikemas di dalamnya bisa lebih aman jika harus dikirim dengan jarak yang jauh dan sebagainya.

  1. Harganya Lebih Terjangkau
Affordable

Harga terjangkau

Karena kualitas, bentuk dan bahan yang bervariasi, maka hal tersebut juga berpengaruh pada harga. Anda jadi memiliki banyak pilihan untuk memilih kardus baik berdasarkan kualitas ataupun harganya. Meskipun begitu, penggunaan kardus sebagai bahan pengemas cenderung lebih efisien untuk pengeluaran dibandingkan dengan bahan lain. Harga kardus jauh lebih terjangkau dibandingkan jika menggunakan kemasan dengan bahan lain.

  1. Lebih Ramah Lingkungan
Ramah Lingkungan

Ramah Lingkungan

Inilah keunggulan paling penting mengapa Anda harus menggunakan kardus box sebagai media pembungkus. Alasannya adalah karena kardus terbukti lebih ramah lingkungan. Dibandingkan dengan bahan pengemas lain, seperti plastik misalnya, kardus yang notabene terbuat dari bahan kertas, sudah tentu jauh lebih ramah lingkungan.

Plastik adalah material tidak ramah lingkungan yang membutuhkan waktu lama untuk proses penguraiannya. Berbeda dengan kardus yang terbuat dari bubur kertas yang mana kertas yang digunakan juga terbuat dari bahan dasar kayu. Dengan begitu, ketika sudah tidak digunakan, kardus bisa diuraikan di dalam tanah dan tidak membutuhkan waktu lama untuk proses penguraiannya tersebut.

Belum lagi, kardus yang terbuat dari bahan kertas ini juga bisa didaur ulang jika sudah tidak digunakan untuk membungkus lagi. Sudah ada banyak contoh karya seni atau kerajinan tangan yang menggunakan bahan dasar dari kardus yang sudah tidak digunakan. Contohnya mendaur ulang kardus untuk dijadikan pigura foto, mainan dan berbagai jenis kerajinan tangan lainnya. Dengan begitu, limbah penggunaan kardus pun bisa lebih dikurangi.

Penggunaan Kardus Box

Penggunaan Kardus Box

Nah, demikian tadi penjelasan lengkap tentang kardus box yang harus Anda ketahui. Mulai dari fungsi dari penggunaan kardus, jenis dan bentuknya, bahan pembuatnya, tipe berdasarkan ketebalan bahan hingga keunggulan pengemasan menggunakan kardus. Setelah mengetahui hal-hal tersebut, termasuk istilah-istilah yang sering digunakan dalam industri kertas dan kardus, maka kini Anda bisa memilih sendiri jenis kardus sesuai kebutuhan Anda.

Jika anda tertarik untuk membuat kardus box dan melihat model-model box dapat dilihat di macam-macam model kardus box

Setelah menentukan pilihan model yang cocok jangan ragu untuk segera menghubungi kami.

So, what do you think ?